005

header ads

KUMPULAN PEMIKIRAN DAN INSPIRASI Oleh : Kang Thohir

 KUMPULAN PEMIKIRAN DAN INSPIRASI

Oleh : Kang Thohir




Ketika otak manusia tak berfungsi lagi untuk berfikir, maka jalan alternatifnya adalah memakai alat bantu bernama Al. Semua pemikiran sangat luar biasa, meski kadang tak sesuai ekspektasi kita, namun manusia awam pun akan membenarkannya, karena otak tak lagi berfungsi lagi untuk berfikir, mana yang baik dan mana yang buruk. Kita pun akan diperbudak olehnya, dan kita akan sulit untuk menemukan jawabannya. Racun kita adalah rasa malas, dan inginnya cara yang instan tanpa menggali terlebih dahulu dan berusaha.


- Kang Thohir



Kadang karya tidak dipamerkan mana ada yang mengenalinya atau melihatnya, seperti kita membuat lukisan tujuan kita melukis supaya ingin dilihat dan dilirik oleh orang lain, siapa tahu ada yang minat karya kita, dan diberi pagelaran acara pamer lukisan. Begitu juga karya sastra harus dipamerkan atau dipublikasikan. Supaya apa? Supaya ada yang membacanya, dan bermanfaat bagi orang lain.


- Kang Thohir 




"Berkaryalah di mana engkau berada."


Artinya berkarya tak kenal tempat dan tak kenal lelah. Jangan sampai hidup kita terbuang sia-sia, karena hidup hanya sementara. Lakukanlah hidup dengan memenuhi perintah Tuhan dan bermanfaat bagi orang lain. Berkarya salah satunya, cara untuk bisa bermanfaat bagi orang lain agar tulisan kita bisa dibaca semua orang, seperti menulis di Facebook lalu kita posting karya kita dan kita share semua teman atau grup agar karya kita bisa dibaca semua orang. Kelak tulisan kita bisa menjadi ladang amal kita kelak  di akhirat nanti, jika tulisan kita bersifat mengajak kebaikan dan dakwah untuk meningkatkan takwa kita kepada Allah SWT.


- Kang Thohir



Menulis juga mengolah batin dan kepuasan batin itu sendiri. Penulis sejati tak kenal lelah dalam menulis sebelum ia menemukan kepuasan batinnya. Menulis bukan hanya menggunakan pikiran saja, tapi juga perasaan dan juga waktu yang lama. 


- Kang Thohir



Seseorang yang berintelektual tinggi, itu kebanyakan suka membaca buku, karena dengan membaca buku akan menambah daya pikiran yang cerdas dan wawasan yang luas. Karena membaca buku adalah sumbernya ilmu dan informasi.


- Kang Thohir -



Kadang menulis buku itu sulit atau mengarangnya, karena bukan soal senang dan pameran. Akan tetapi, masalah isi dan pemikirannya yang harus dipikirkan matang-matang dengan keahliannya bukan sekedar menulis saja, tapi harus dipertanggung jawabkan segala apa yang ditulisnya. Jadi, jangan dianggap mudah dan dianggap remeh temeh menjadi seorang penulis itu, karena sangat sulit sekali.


- Kang Thohir



Seniman itu kata dari orang yang mempunyai kreatif dan inovatif juga ide yang luar biasa, sehingga menghasilkan suatu karya yang indah nan juga berlian. Itu bisa dikatakan seniman, bahwa seniman perkerja atau pelaku yang membuat seni itu sendiri.


- Kang Thohir



Kadang menjadi seorang seniman itu susah, tapi kadang mudah jikalau tak ada hambatan tentang mereka yang merisaukan diriku yang gundah. Aku pun mengerti tentang diriku, laksana debu tersapu angin lalu terbang tak ada gunanya hanya untuk menyapa benda permata seperti mereka.


- Kang Thohir



Kadang saya juga sering diremehkan jadi seorang penulis, tapi itu bisa jadi motivasi bagi saya, karena menjadi penulis itu juga butuh proses yang panjang agar mencapai suatu tujuan. Akan tetapi, harus kuat mental juga ketika dikritik dan dihina, karena menjadi seorang penulis yang sukses adalah tahan kritikan dan kesabaran. Menjadi penulis itu enggak mudah, tapi tetap saja harus dijalani dengan lapang dada.


- Kang Thohir



Awalnya aku mau berhenti berkarya, tapi demi menghidupkan dunia literasi aku tetap berjuang dan terus berjuang. Akan tetapi, hinaan dan cacian sempat membuatku kehilangan semangatku, karena aku bukan dari golongan anak seorang ulama atau kyai, karena aku hanyalah anak seorang petani.


- Kang Thohir



Sebenarnya aku kadang susah untuk berbicara di depan umum atau berkata pakai lisan. Mungkin karena aku tak pandai berbicara di depan umum, makanya aku suka menulis lewat aksara yang aku tuangkan kedalam puisi, sajak, novel, cerpen, dll. Sebenarnya aku ingin berhenti, tapi si otak suka berontak ingin dikeluarkan ide-ide yang tiba-tiba datang. Kadang kali aku berfikir bahwa menulis itu hanya buang-buang waktu saja enggak ada gunanya. Aku pun bingung harus bagaimana kedepannya. Sampai akhirnya aku bisa menemukannya dan bisa terus berkarya.


- Kang Thohir



Demen ora demen iku hakke menungso, lamon ora ngerti sakjerone roso iku ora bakal anteng naliko urip iku kudu cekelano agomo lan toto. Namung, saiki ora podo nganggo toto, saiki nganggone ngerokso awake pinter dewek kabeh, mergone ilang toto lan agomo.

Mugane saiki kudu akehi ngopeni ati, eben dadi wong kang sejati, marang Gusti kang pinuji.


- Kang Thohir -



Bionarasi :

Muhammad Thohir/Tahir (Mas Tair) yang dikenal dengan nama pena Kang Thohir, kelahiran Brebes, Jawa Tengah. Dari dusun/desa Kupu, kecamatan Wanasari. Dari anak seorang petani dan tinggal dari kehidupan sehari-hari bertani, berkebun, menanam bawang merah, padi, kacang, pare, cabai dan sayur-sayuran di ladang sawahnya.


Kini, aku sedang menggeluti dunia tulis menulis atau literasi, khususnya sastra Indonesia. Suka menulis sejak duduk di bangku kelas empat SD dan sampai masuk ke Pondok Pesantren. Aku masih tetap aktif menulis dan semakin semangat 'tuk menulis baik puisi maupun cerpen dan lain sebagainya yang aku tulis. Selain menulis aku juga suka membaca buku agar bisa bermanfaat untuk menambah wawasan (pengetahuan).


Quotes :


"Tawadhu itu penting, karena menjauhi rasa sombong dan iri hati."


                 - Kang Thohir -


"Membaca bisa menumbuhkan menjadi orang yang jenius dalam berfikir dan kreatif."


                  - Kang Thohir -


Posting Komentar

0 Komentar