Tips Menghibur Diri Yang Penat Akibat Tugas Yang Padat - negerikertas.com

INFO ATAS

Ayo menulis puisi untuk memperebutkan ANUGERAH HAK ASASI MANUSIA. Deadline 10 Desember 2022 | Apabila dalam 30 Hari, karya yang anda kirimkan di Negeri Kertas tidak dimuat, secara otomatis karya tersebut statusnya dikembalikan.

Media Sastra dan Seni Budaya

email nkertas@gmail.com | WA 628888710313

15 Nov 2022

Tips Menghibur Diri Yang Penat Akibat Tugas Yang Padat


Oleh Nabila Nur Amalia

Tugas yang banyak, datang secara bersamaan dan batas waktu pengumpulan yang hampir bersamaan sering membuat kita bingung mana yang harus kita mulai duluan, terlebih semua tugas memerlukan tahap pengerjaan yang banyak. 

Hal ini seringkali membuat kita merasa stres kemudian menjadi tidak fokus terhadap tugas yang sedang dikerjakan karena tertekan waktu deadline atau batas pengumpulan dan berpikir “ Ayo cepat selesai in tugas ini, masih banyak tugas ngantri buat dikerjain “ sehingga tergesa-gesa saat pengerjaannya. 

Mayoritas orang memang sulit untuk membagi waktu antara waktu mengerjakan tugas, waktu hiburan dan istirahat. Sebanyak-banyaknya tugas paling tidak kita harus meluangkan waktu metime agar mental terjaga baik dan tetap waras. Yang terpenting kita bisa mengubah  mental yang terbebani ini bisa sedikit lebih berkurang. 

Menghibur diri di sela-selanya akan memberi energi positif untuk kita melanjutkan mengerjakan tugas dan bisa mengerjakannya lebih baik serta fokus. Berikut beberapa menghibur diri di sela-sela mengerjakan tugas: 

  1. Lakukan hal apapun dalam lima menit

Selingkan waktu setiap jam selama lima menit, dalam lima menit itu kamu bisa melakukan hal-hal kecil yang membuat kamu terhibur seperti scroll tiktok, makan camilan, kamu juga bisa lakuin peregangan badan supaya badan kamu ngga kaku. Tapi wajib konsisten ya! Berhenti jika lima menit sudah berlalu. Jangan sampai terlena yang akhirnya tugas jadi tertunda. 

  1. Nyalakan Musik 

Menyetel musik bisa bangun suasana jadi lebih santai, atur playlist lagu yang kamu suka dan putar dengan volume standar karena jika terlalu kelas nantinya kamu tidak bisa fokus mengerjakan. 

  1. Camilan

Sejumlah studi menunjukkan, saat seseorang dalam keadaan stres hormon kortisol dan insulin menyebabkan kecenderungan ingin makan makanan tinggi kalori, asin dan manis. Otak yang bekerja saat mengerjakan tugas bisa merangsang keluarnya asam lambung. Jika asam lambung berlebihan, reaksi makanan yang ada dalam perut bisa berjalan cepat dan menyebabkan keadaan perut bisa lebih cepat ke keadaan kosong. Maka siapkan camilan yang kamu suka lalu jangan lupa sedia juga camilan sehat di sampingmu saat mengerjakan tugas supaya bikin enjoy, tidak cepat merasa kelaparan dan terasa menyenangkan. 

  1. Minum air putih 

Agar tidak mengalami dehidrasi, cukupi asupan cairan tubuhmu dengan bawa atau sediakan air putih di dekatmu agar mudah kamu jangkau setiap kali akan minum. 

  1. Main game

Bermain game dalam 5 sampai 10 menit akan membantu menghilangkan rasa bosan dan kantuk yang datang. Jangan terlalu tegang saat mengerjakan tugas, kamu membutuhkan hiburan biar pikiran ngga gampang stress. 

  1. Tempat yang nyaman

Mengerjakan tugas di tempat yang berbeda bisa memberi suasana yang berbeda. Pilih tempat yang jadi favorit kamu seperti cafe atau taman. Sebaiknya pilih tempat dengan suasana tenang tidak berisik agar kamu fokus dan konsentrasi tidak buyar. 

  1. Ajak teman

Agar tidak bosan sendirian hubungi temanmu untuk mengerjakan tugas bersama via online ataupun mengajak temanmu mengerjakan bersama di suatu tempat. Kamu akan merasa pekerjaan lebih ringan karena bisa bertukar pikiran sambil mengobrol dengan teman meskipun tugas dikerjakan secara individu. 

  1. Kasih apresiasi buat diri sendiri

Setelah mengerjakan banyak tugas beri dirimu reward untuk motivasi dirimu sebagai  pencapaian karena telah bekerja keras. Selanjutnya lakukan hal-hal yang kamu suka agar lebih termotivasi saat mengerjakan tugas-tugas berikut nya. 

Itulah beberapa cara menghibur diri dari rasa jenuh, stres dan bosan saat sedang mengerjakan tugas. Selain bisa mengikuti tips yang sudah disebutkan, pola hidup sehat tetap harus kamu lakukan agar kesehatan tubuh kamu tetap terjaga. Ingat! Kamu perlu tenaga serta fisik yang sehat agar bisa beraktivitas dengan baik, termasuk saat mengerjakan tugas. 


INFO BAWAH

Cara kirim tulisan ke Negeri Kertas: Tulis karya anda berupa PUISI/CERPEN/ARTIKEL + BIODATA narasi + FOTO penulis atau GAMBAR ilustrasi, semuanya dalam SATU LAMPIRAN email file Ms Word. Bagian paling atas bertuliskan JUDUL KARYA + NAMA PENULIS. Kirim ke email nkertas@gmail.com