Potret Perempuan Muda Urban dalam Novel The Perpect Husband - negerikertas.com

INFO ATAS

Ayo menulis cerpen atau puisi untuk memperebutkan Anugerah Kesaktian Pancasila. Deadline 1 Oktober 2022 | Kirim ke email nkertas@gmail.com

Media Sastra dan Seni Budaya

email nkertas@gmail.com | WA 628888710313

8 Agu 2022

Potret Perempuan Muda Urban dalam Novel The Perpect Husband

 


Potret Perempuan Muda Urban dalam Novel The Perpect Husband

Karya Indah Riyana

Oleh Nengsih Sri Rahayu Putri mahasiswa UNP Sastra Indonesia


Indah riyana syahputri atau yang biasa di panggil Lin ini suka mendengarkan music, menonton film, bernyanyi, teriak dan tertawa. Mencintai dunia bulu tangkis, memiliki hobi menulis sejak SMP dan berjuang di dunia kepenulisan sejak SMA namun tidak ada satu pn yang berhasil terealisasikan. Tapi akun Wattpad berhasil mengubah dunianya. Novel pertama Indah Riyana yaitu The Perfect Husband. Novel ini Mengisahkan tentang kehidupan seorang laki-laki yang bernama Arsen dan seorang wanita bernama Ayla. Bermula dari pertemuannya di masa kecil dan berlanjut hingga mereka menikah dan memiliki banyak sekali tantangan yang harus mereka lewati.

Ayla, seorang wanita diambang drop out dari kuliah harus mengikhlaskan dirinya ketika terjadi perjodohan dengan Arsen. Ayla yang selalu bersikap kasar kepada Arsen bertekad dengan segala cara untuk membatalkan pernikahan mereka. Dengan kesabaran dan kebulatan tekad Arsen, akhirnya mereka menikah. Tabiat Ayla yang keras dan kasar kepada Arsen membuat biduk pernikahan mereka terasa hambar. Hingga saat kesabaran Arsen sudah tak berbatas, Arsen pergi dan Aylapun depresi karena kepergiannya.Problem rumah tangga dalam kisah sepasang suami istri ini terus menerus menggelayuti kehidupan mereka hingga terpaan dahsyat badai pernikahan mereka dapat mereka lalui.

Novel yang diambil dari wattpad yang kemudian diterbitkan menjadi sebuah novel. Dan kini kisah ini pun diangkat ke dalam layar lebar.Penokohan yang tersaji dalam novel ini terkesan berlebihan. Watak Ayla yang menurut saya banyak minusnya dibanding lebihnya, hingga watak Arsen yang nyaris sempurna tergambar dalam novel ini. Meski, pada saat Arsen muda watak Arsen cenderung lebih mirip dengan Ayla. Meskipun begitu, mimik muka serta adegan yang terdapat dalam novel ini sangat jelas tergambar dan kita bisa membayangkan saat tokoh dalam novel ini terlibat percakapan.Latar yang ditampilkan dalan novel ini pun terkesan sangat sederhana. Riset sebelum menuliskan cerita ini mungkin bisa ditambah agar latar dalam cerita ini terkesan hidup. Namun, karena alur yang terdapat dalam novel ini terkesan maju dan mundur, membuat pembaca menjadi semakin penasaran dengan kelanjutan kisahnya.Secara keseluruhan kita dapat mengambil hikmah di balik cerita ini, bahwasanya ketika kita sudah mengikrarkan janji di hadapanNya, maka saat itulah kewajiban dan hak kita harus kita tunaikan kepada pasangan kita.


Menurut KBBI (2015 : 1097) potret adalah gambar atau lukisan. Potret dalam penelitian ini dimaksud sebagai gambaran atau bentuk kehidupan masyarakat yang ada dalam karya sastra. Hal tersebut dikarenakan karya sastra diciptakan pengarang berdasarkan realitas objektif. Perempuan menurut KBBI (2015 :1054) adalah orang mempunyai puki, dapat menstruasi, hamil, melahirkan anak dan menyusui. Menurut KBBI (2015:932) muda adalah belum sampai setengah umur. Pada masa muda manusia sudah dapat disebut dewasa dan sudah bisa memiliki usaha sendiri, masa muda adalah masa peralihan manusia dari remaja menuju dewasa. Urban dalam KBBI merupakan kata sifat yang berkenan dengan kota atau bersifat kekotaan, orang yang berpindah dari desa ke kota. 

Dapat disimpulkan bahwa potret perempuan muda urban merupakan kehidupan muda berusia belasan tahun yang tinggal di daerah perkotaan dengan menghadapi bentuk-bentuk persoalan kehidupan seperti kepribadian, percintaan, persahabatan, perkelahian dan lain-lain. Persoalan kehidupan perempuan muda ini juga meliputi persoalan seputar dinamika kehidupan muda kota yang identic dengan cara berpikir modernis. 

Dalam novel perlu ada unsur intrinsik. Unsur intrinsik adalah elemen utama membentuk karya itu sendiri. Unsur intrinsik novel secara umum terdiri dari tema, alur, tokoh, penokohan, latar, gaya bahasa, sudut pandang dan amanat. Peneliti fokus kepada tokoh perempuan muda urban dalam novel The Perpect Husband. Menurut Semi (1984:36) penokohan merupakan salah satu hal yang kehadirannya dalam sebuah fiksi amat penting bahkan menentukan, karena tidak bukan sebuah fiksi ada tanpa ada tokoh yang diceritakan. Penokohan adalah penggambaran karakter oleh pengarang yang mewakili karakter manusia yang sesuai dengan tema dan amanat. Teori yang digunakan untuk menemukan data potret Perempuan muda urban adalah teori-teori yang berkaitan dengan ciri masyarakat perkotaan. Teori tersebut ialah teori dari Soekanto yaitu teori kesenangan kepribadian, pretise rekreasi.

Tokoh perempuan muda dalam novel ini yaitu Alya tokoh utama dalam novel ini, ia yang dijidohkan oleh papanya dengan anak teman papanya yaitu Arsen. Alya memiliki tabiat yang keras suka membantah perkataan orang tuanya. Kesenanga kepribadian yang sering ia lakukan yaitu mendengarkan musik. Hari-harinya tiada tanpa musik, selain itu ia juga sering pergi ke café bersama teman-temannya. Outfit yang sering ia gunakan dress pendek. 

Tokoh perempuan lainnya Viana jadi sahabat yang tak segan memarahi Ayla saat otak Ayla mulai tak stabil. Kesenangan kepribadian yang serig ia lakukan adalah memasak, makannya yang begitu enak yang sering dicicipi oleh Alya. Ia sangat senang memasak. Seerti Alya Viana suka pergi ke café dengan outfit yang ia gunakan outfit kaos dan celana. Tokoh perempuan muda Vanila. Ia adiknya Arsen sifatnya yang begitu ramah dan periang. Kebiasaan yang sering ia lakukan adalah baca buku. Outit yang sering ia gunanyakan gamis. Tempat yang sering ia jumpai yaitu taman kota. 

Dapat disimpulkan bahwa perempuan muda urban dalam novel The Perpect Husband karya Indah Riyana memiliki kesenangan kepribadian yang berbeda-beda, seperta Alya yang memiliki kesenangan kepribadian mendengarkan music, Viana dengan memasak hari-harinya bahagia dan vabila bergelut dengan bukunya. Pretise rekeasi mereka juga berbeda-beda ada yang serng nongkrong di café dengan outfit berbeda-beda. 

























Nama Nengsih Sri Rahayu Putri, alamat Api-api Pasar Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, mahasiswa Universitas Negeri Padang program studi Sastra Indonesia tahun masuk 2019. Bergiat di taman bacaan sastra pelopor 19. 

No wa 082278217969


INFO BAWAH

Cara kirim tulisan ke Negeri Kertas: Tulis karya anda berupa puisi/cerpen/artikel + biodata narasi + foto penulis atau gambar ilustrasi, semuanya dalam satu lampiran MS Word. Kirim ke email nkertas@gmail.com