Peduli Pelestarian Budaya, Unipma Madiun Gelar Acara Bersama Para Seniman Dosen UNIPMA bersama seniman Madiun menampilkan musikalisasi puisi. - negerikertas.com

INFO ATAS

Ayo menulis cerpen atau untuk memperebutkan Anugerah Sumpah Pemuda. Deadline 28 Oktober 2022 | Kirim ke email nkertas@gmail.com

Media Sastra dan Seni Budaya

email nkertas@gmail.com | WA 628888710313

23 Agu 2022

Peduli Pelestarian Budaya, Unipma Madiun Gelar Acara Bersama Para Seniman Dosen UNIPMA bersama seniman Madiun menampilkan musikalisasi puisi.

 


Universitas PGRI Madiun (Unipma) peduli dengan upaya melestarikan budaya. Dalam rangka peringatan HUT ke-77 RI, Unipma Madiun menggelar acara Semarak 77 Tahun RI yang diisi para seniman Madiun di Hotel Aston Madiun pada Sabtu (20/8/2022). Acara kebudayaan diisi penampilan puisi, tari, kolaborasi dosen dan mahasiswa serta seniman dan anggota DPRD Provinsi Jatim, Diana Sasa.


 


 Diana A.V. Sasa, S.S. anggota komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur mengungkapkan, kegiatan tersebut baik dan selayaknya bisa dilanjutkan ke depannya. Pihaknya juga mengapresiasi  UNIPMA sudah memiliki visi global, kolaborasi dan menjalin riset bersama dengan universitas luar negeri.


 


“Mudah-mudahan semakin berkembang maju pola didiknya, dan generasi yang di hasilkan generasi yang unggul berkualitas,” katanya.


Tulus Setiyadi, salah seorang sastrawan Madiun juga berharap panji-panji kebudayaan nusantara dapat kembali bangkit dan dapat menjaga dan melestarikan kebudayaan dan bisa lebih mengenalkan budaya Indonesia.



Menariknya, acara diawali dengan persemabahan video ucapan kemerdekaan dari Perguruan Tinggi Luar Negeri yang menjadi mitra UNIPMA dalam program pertukaran mahasiswa merdeka. Diantaranya dari Iloilo Science and Technology University (ISAT-U) Philippines, University of Santo Thomas (UST) Philippines, Nueva Ecija University of Science and Technology (NEUST) Philippines, Director of External Linkages Saint Louis University Philippines, Mariano Marcos State University (MMSU) Philippines, Mahachulalongkornrajavidyalaya University (MCU) Thailand, Udon Thani Rajabhat University (UDRU) Thailand, Chaoyang University of Technology (CYUT),Taiwan, dan Asian Languages & Cultures, Nanyang Technological University Singapore, Contrastive Linguistics University of Bialystok Poland.


 


Selain itu, kegiatan ini turut dimeriahkan  penampilan pembacaan puisi, musikalisasi puisi oleh pegiat seni serta dosen dan mahasiswa dari UNIPMA. Tak hanya itu juga ada penampilan tari seni modern oleh mahasiswa UNIPMA.


Dalam acara tersebut juga ada penandatanganan MOU UNIPMA dengan Granat oleh Rektor UNIPMA dan Sekretaris Granat.



"Kegiatan ini menyebarkan semangat dan cinta budaya tanah air. Terutama generasi muda sebagai harapan penerus bangsa lebih mencintai dan bangga kekayaan budaya Indonesia," kata Rektor Unipma Madiun, Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd.(*)



 


Unipma Madiun Unipma Universitas PGRI Madiun

Publisher : Rochmat Shobirin

Pewarta: Suciati (CR-219) | Editor: Bambang H Irwanto


 



INFO BAWAH

Cara kirim tulisan ke Negeri Kertas: Tulis karya anda berupa puisi/cerpen/artikel + biodata narasi + foto penulis atau gambar ilustrasi, semuanya dalam satu lampiran MS Word. Kirim ke email nkertas@gmail.com