Puncak OBI 2021 - negerikertas.com

.

(Mulai 1 Agustus 2021 setiap Cerpen yang dimuat di negerikertas.com mendapat honor Rp 100.000)

Puncak OBI 2021






*Berita Puncak OBI tahun 21*
Minggu, 19 September 2021.

Olimpiade Bahasa Indonesia merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh HMP IMABINA. Pada tahun 2021 ini merupakan kali ke 7 dilaksanalannya Olimpiade Bahasa Indonesia, hal ini untuk menjaga, melestarikan dan mengembangkan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Upaya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia akan dilakukan dengan kegiatan Olimpiade Bahasa Indonesia tingkat SMA/SMK/MA sederajat se- Jawa Timur-Bali. Selain membantu mengembangkan kemampuan berbahasa, menanamkan rasa cinta terhadap bahasa Indonesia, memberikan kesadaran akan pentingnya bahasa Indonesia, kegiatan ini juga sebagai wadah untuk mengaplikasikan tri darma perguruan tinggi. 

Olimpiade Bahasa Indonesia ini diikuti oleh 642 peserta se-Jawa Timur-Bali. Pada pagi hari tanggal 19 September 2021 merupakan acara puncak dari serangkaian kegiatan OBI 2021 yang telah dimulai sejak awal juli yaitu tahap publikasi, penyisihan, semifinal, hingga final ini. Perjalanan yang cukup panjang untuk sebuah kegiatan besar yang melibatkan 600 lebih peserta didalamnya.
Dalam sambutan ketua pelaksana mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta, pendamping, serta bapak ibu dosen yang telah membantu kegiatan tersebut. 

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Jember, Dr. Rusdhia ti Wuryaningrum, M.Pd. juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta atas antusiasnya, bapak ibu pendamping, serta kepada pengurus HMP IMABINA yang sudah mempersiapkan acara OBI tahun 21 ini dengan matang. Beliau juga mengatakan bahwa Bahasa Indonesia ini merupakan pelajaran yang sangat berpengaruh. 
"Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia, peserta, serta pendamping. Saya bangga karena pesertanya banyak dan bisa mengangkat nama kampus kita ini. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada peserta yang sudah lolos bertarung" ujar Dr. Muhammad Naim, M.Pd. selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. 

Mochammad Awam Prakoso, Pendiri Kampung Dongeng Indonesia, selaku juri dalam acara OBI tahun 21 ini berpesan bahwa "yang perlu diingat adalah lomba merupakan ajang untuk menuju panggung yang lebih besar, bila menang jangan terlalu kita berbangga diri, bila kalah harus tetap semangat untuk terus berkompetisi". 

Juara 1 Olimpiade Bahasa Indonesia tahun 21 ini diraih oleh *Ela Savila Putri* dari SMK Negeri 1 Suboh, Regional Situbondo dengan total nilai 2.228. Dalam kesempatan yang diberikan panitia kepadanya untuk memberikan kesan dan pesannya dalam acara OBI tahun 2021 ini, tidak ada kata-kata yang bisa ia ucapkan, selain tangis haru atas apa yang diraihnya, dia hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada panitia, juri, bapak ibu dosen, pendamping dan pembina selama persiapan Olimpiade.

.