Workshop Penulisan Aksara Jawa - negerikertas.com

.

Negerikertas.com - 2021

Workshop Penulisan Aksara Jawa



 

Penyelenggara:
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)
(Kegiatan dilakukan secara tatap muka (luring) sesuai protokol kesehatan.)

Waktu dan Tempat:
Diselenggarakan tanggal 8 – 22 Agustus 2021, di Hotel Nava Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah.

Tujuan dan Kegiatan:

Menurut UU No.43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, penyelenggaraan kegiatan ini merupakan wujud peran serta pemerintah dalam upaya mendukung pelestarian naskah kuno (manuskrip) melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam mengenal, memahami, dan menguasai aksara-aksara yang terdapat dalam naskah kuno (manuskrip).         

Sasaran utama kegiatan ini adalah anak-anak muda generasi milenial, yang diharapkan dapat menjadi penjaga kebudayaan di masa yang akan datang. Diharapkan setelah mengikuti workshop ini peserta mampu mengenali, memahami, dan bisa belajar mandiri tentang hal-hal yang berkaitan dengan penulisan dan pembacaan arsip klasik maupun naskah kuno (manuskrip).

Kegiatan belajar intensif pada minggu pertama berisi pengenalan digitalisasi aksara Jawa (Unicode) dan pelatihan intensif bersumber dari manuskrip Jawa periode abad 17, 18, dan 19. Kegiatan belajar intensif pada minggu kedua berisi pembelajaran intensif tentang tiga jenis teks Jawa Kuna: parwa, kakawin, dan prasasti.

Peserta Kegiatan:
Workshop dilaksanakan secara intensif selama 15 hari dengan total peserta dan pengajar sebanyak 37 orang. Pengajar adalah para pakar dibidang bahasa dan sastra Jawa, serta para peserta merupakan hasil seleksi melalui pendaftaran terbuka.

Ketentuan Pendaftaran Peserta:

  1. Pendaftaran dibuka tanggal 1 Mei 2021 dan ditutup tanggal 30 Juni 2021
  2. Hasil seleksi diumumkan melalui email paling lambat tanggal 8 Juli 2021 (Hasil seleksi panitia tidak dapat diganggu gugat).
  3. Pendaftar adalah mahasiswa, pengajar, guru bahasa Jawa, peneliti, staf perpustakaan, pusat dokumentasi, atau lembaga pengelola naskah, dan peminat lainnya berkewarganegaraan Indonesia.
  4. Pendaftar paling tinggi berusia 40 (empat puluh) tahun pada tanggal 8 Agustus 2021.
  5. Pendaftar merupakan lulusan dari atau masih terdaftar sebagai mahasiswa pada program studi yang relevan (misalnya Sastra Jawa, Sastra daerah lain, Sastra Indonesia, Arkeologi).
  6. Peserta sebanyak 31 (tiga puluh satu) orang akan diseleksi berdasarkan kelengkapan berkas dan pertimbangan-pertimbangan tertentu.
  7. Khusus peserta yang lolos seleksi wajib:
    • Menyerahkan surat rekomendasi atau surat ijin dari 1 atau 2 pengajar/pembimbing di perguruan tinggi (bagi peserta mahasiswa), atau surat rekomendasi atau surat ijin dari atasan yang berwenang (bagi peserta dari instansi atau sekolah).
    • Kondisi sehat yang diperkuat dengan surat/keterangan hasil pemeriksan rapid tes antigen, atau GeNose, atau PCR swab. (biaya ditanggung masing-masing peserta).
    • Membawa Kartu BPJS/asuransi kesehatan lainnya yang masih berlaku.

Kelengkapan berkas pendaftaran:

  1. Ijazah terakhir atau bukti kelulusan pada program studi yang terkait (surat keterangan lulus) atau bukti masih terdaftar pada program studi terkait (Kartu Mahasiswa).
  2. Daftar nilai pada tingkat S1 atau S2, dan bagi mahasiswa yang belum lulus S1 menyertakan daftar nilai terakhir.
  3. Ikhtisar/abstrak dalam bahasa Indonesia yang menjelaskan motivasi keikutsertaan, dalam format pdf.
  4. Fotokopi kartu kesehatan atau kartu asuransi kesehatan atau kartu BPJS yang masih berlaku.
  5. Berkas pendaftaran diunggah melalui Tautan/Link Pendaftaran: Tautan/Link Pendaftaran: https://s.id/penulisanaksarajawa2021

Informasi:

e-mail   : layanan_naskahkuno@perpusnas.go.id, workshopaksarajawa2021@gmail.com
HP/WA : +62 895-2025-4475 (Sdr. Marcel)
              +62 895-2645-7970 (Sdri. Erma)

Biaya Keikutsertaan:
Peserta tidak dipungut biaya/Gratis.

Fasilitas:

  • Panitia menanggung biaya akomodasi, konsumsi, dan bahan pembelajaran.
  • Panitia tidak menanggung transportasi dari dan ke tempat asal peserta.
  • Peserta akan dijemput dan diantar dari/ke Bandara Adi Sumarmo- Surakarta, Stasiun Kereta Api Solo Balapan – Surakarta, atau Terminal Bus Tirtonadi – Surakarta.

.