.

.

KORAN SURYA 29 JULI 2015 - Ingin Ajarkan Seni Sastra Pada Anak Jalanan

Ingin Ajarkan Seni Sastra Pada Anak Jalanan
Fileski bermain biola kesayangan mengiringi Deny Tri Aryanti, seniman teater yang membacakan puisi karyanya. 


SURYA.co.id | SURABAYA - Walidha Tanjung Files belajar biola secara otodidak. Namun, lelaki asal Madiun ini memberanikan diri membuka kursus bermain biola.
“Sekali pertemuan Rp 20.000, jadi kalau sebulan empat kali pertemuan Rp 80.000,” ucapnya.
Tarif itu diberlakukan buat murid yang diketahui memang tidak mampu tetapi punya kemauan besar belajar biola. Sedang bagi yang mampu dia menyodorkan tarif Rp 100.000-150.000 untuk sekali pertemuan.
Fileski beruntung. Muridnya pun mengalir. Setiap bulan dia mendatangi 25 orang murid ke rumahnya masing-masing.
Dari jerih payahnya memberi kursus biola, Fileski bisa mandiri membiayai sendiri pendidikannya hingga tuntas tanpa menggantungkan dari orangtua. Tak hanya itu. Kedua orangtuanya pun dibuat bangga oleh kiprahnya di dunia seni.
Berkat kemauan yang kuat, Files mampu membuktikan kebenaran pilihannya. Namanya pun diganti menjadi Fileski, yang merupakan plesetan dari Files dan sky (warna langit yang juga warna biola yang selalu menemani di setiap konsernya).
Berawal dari keikutsertaannya di pentas-pentas seni di TIM Jakarta, nama Fileski kian dikenal luas. Singapura Art Festival tahun 2008 jadi kiprah perdananya di mancanegara.
Empat tahun kemudian (2012), Fileski ikut gabung dalam pentas keliling di lima negara, yaitu Indonesia, Singapura, Brunei Darusalam, Malaysia, dan Thailand. Pertunjukan resital biola yang dipadukan pembacaan puisi jadi unggulan Fileski.
Konsistensi pada bidangnya ini pula yang membuat Fileski menerima Anugerah Hescom kategori Musikalisasi Puisi dari e-Sastra Malaysia (2014). Pada tahun yang sama, Fileski menggelar roadshow konser puisi selama satu bulan penuh dari bulan Oktober-November 2014. Pentas itu untuk memenuhi undangan even bulan bahasa di Singapura.
Peraih rekor musikalisasi puisi 11 jam non stop berkolaborasi dengan 257 pembaca puisi 2012 sempat pula merilis tiga buah album, Tribute to Chairil Anwar (enam komposisi lagu dari syair Chairil Anwar/2012), Rahasia Langit (2013), dan Save Our Culture (2014).
Kini Fileski kembali masuk dapur rekaman untuk menuntaskan album keempat yang diberi judul Air Mata Bidadari. “Saya masih ingin bikin rumah seni, yang ada perpustakaannya dan panggung apresiasi. Di situ saya ingin mengajar seni pada anak jalanan,” kata Fileski yang juga menulis dua buku berjudul Kitab Puisi Negeri Kertas, dan Jejak Inspirasi Fileski.

sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2015/07/28/ingin-ajarkan-seni-sastra-pada-anak-jalanan
Share on Google Plus

About Fileski Channel