.

.

Agenda Surabaya: Sahur Sambil Menikmati Sastra

 Sahur Sambil Menikmati Sastra
Penyerahan buku oleh ketua koordinator sahur sastra kepada ketua PLT Dewan Kesenian Jawa Timur. Photo Dok


Surabayastyle – Kurangnya kepedulian terhadap seni sastra membuat sebagian kalangan anak muda dari Teater Gapus, Serbuk Kayu dan Kopi Aksara merasa prihatin dan menggelar event “Sahur Sastra” bertema Antologi Puisi : Zaman Pendengkur di warung Mbah Cokro Jalan Raya Prapen 22 Surabaya, (05/07/2015).

Tak jarang kegiatan semacam ini bukan hanya kurang mendapat perhatian, bahkan mendapatkan penilakan secara lantang karena kesibukan komunitas itu sendiri. Untuk itulah Syska La Veggie menggagas acara sastra di warung kopi tradisional ini mendapatkan dukungan beberapa pihak yang peduli dengan puisi dan sastra. Diantaranya Fileski yang mendapatkan beberapa penghargaan puisi, serta Galuh Tulus Utama dan Komite Sastra Dewan Kesenian Jawa Timur.



Penampilan puisi ndamis dan fileski mengisi Sahur Sastra. Photo Dok

“Saya sebagai bagian generasi muda Surabaya, merasa hal tersebut menjadi kegelisahan tersendiri. Maka, saya mencoba untuk mengajak Teater Gapus, Serbuk Kayu dan Kopi Aksara, agar bekerja sama membuat sebuah kegiatan apresiasi sastra berupa “Sahur Sastra”.  Dan ini juga sebagai ajang silahturahmi penulis sastra dan puisi”. Ujar Perempuan yang pernah menjadi jurnalis tersebut.

“Kami memilih tema “Zaman Pendengkur”, puisi Karya Dwiki Nugroho Mukti, karena kami melihat bahwa saat ini adalah zaman milik pendengkur, yang keras namun tidak mengganggu. Di mana merupakan bentuk protes terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, baik terhadap hal pribadi maupun kepentingan umum”. Tambahnya

Sebanyak 15 Penulis puisi membawakan sekitar 75 karya yang telah dikuratori F. Aziz Manna, sehingga pengunjung warung kopi pra kemerdekaan ini dapat menikmati sajian berbeda sambil menunggu tibanya waktu sahur. (NE)

sumber berita: http://www.surabayastyle.com/berita-foto/berita-foto-community/item/1354-sahur-sambil-menikmati-sastra




  
Share on Google Plus

About Fileski Channel