.

di negeri kertas, tidak ada koruptor. setiap orang punya ketahanan ekonomi, baik rakyat biasa dan pejabatnya, semua ikut patungan/gotongroyong membangun negeri. demokrasi berjalan natural tanpa money politic. tidak seperti negeri tetangga yang rakyatnya kelaparan hingga rela menukar suara dengan sekantong sembako. #fileski

PENERBITAN ANTOLOGI PUISI “SUARA MERDEKA 70” (Deadline: 31 Juli 2015)

Gagasan:

Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia merayakan Hari Proklamasi Kemerdekaan dengan meriah. Mulai dari lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk, sampai upacara militer di Istana Merdeka. Perlombaan yang seringkali menghiasi dan meramaikan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI diadakan di kampung-kampung/pedesaan, diikuti oleh warga setempat dan dikoordinir oleh pengurus kampung/pemuda desa. Hampir Seluruh masyarakat ikut berpartisipasi dengan caranya masing-masing.

17 Agustus 2015 nanti Indonesia akan resmi ke – 70, namun setelah 70 tahun merdeka, sudahkah Indonesia dapat dikatakan merdeka sepenuhnya? Tidak bisa dipungkiri, Indonesia sudah menjauh dari cita-cita mulia Undang-Undang Dasar 1945. Negara ini semakin lemah dan mengkhawatirkan. Setiap hari kita disuguhkan berita menurunnya kualitas moral para elit penguasa dengan bukti banyaknya korupsi, kolusi, nepotisme, dan penggarongan uang Negara. Belum lagi kesengsaraan yang dialami bangsa Indonesia. Menurunnya pendidikan, semakin banyaknya jumlah pengangguran, dan jumlah anak tak berdosa dibunuh secara menyelinap.

Jika kondisi bangsa seperti ini, apa pantas dikatakan merdeka? Tentu menjadi polemik. Secara de jure (hukum), Indonesia sudah merdeka, namun secara de facto (fakta) bangsa ini belum sepenuhnya merdeka, karena belum bebas dari kemiskinan.

Oleh sebab itu, dalam rangka memperingati HUT RI ke – 70, Gerakan Puisi Indonesia Merdeka mengajak para penyair maupun masyarakat di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam penerbitan antologi puisi SUARA MERDEKA 70 ini.

Sumber Gagasan:
 - Wikipedia Indonesia
- Islam Cendekia (www.islamcendekia.com)

Teknis:
  1. Penerbitan Antologi Puisi Indonesia Merdeka; “SUARA MERDEKA 70” bersifat independen, serta berdasar kemandirian individu yang menjunjung tinggi kebersamaan. (Biaya penerbitan buku antologi ini ditanggung bersama-sama)
  2. Tujuan penerbitan ini untuk merangkum dan mengakomodir puisi karya para penyair dan masyarakat umum dari seluruh Indonesia dengan beragam latar belakang, strata, etnis, usia, dan gaya penulisan.
  3. Puisi merupakan karya asli, bertema “Suara Merdeka 70” yang merupakan representasi atau tafsir dari hut Penulis dipersilakan mengirim puisi maksimal 2 judul, disertai biodata, foto diri, alamat detil, email, facebook, dan nomor HP ke email: pindomerdeka@gmail.com
  4. Biaya cetak/penerbitan akan didukung bersama-sama oleh para penyair yang karyanya lolos seleksi dan dimuat dalam antologi.
  5. Selain mengirim karya, pada tahap selanjutnya (usai seleksi) penyair yang karyanya lolos dimohon mengirim iuran ongkos cetak/penerbitan minimal Rp 80.000,- Iuran tersebut akan digunakan untuk biaya penerbitan (proses cetak buku), meliputi: pembuatan cover, layout halaman isi, pengurusan ISBN, dan biaya kirim buku ke alamat masing-masing penulis. 
  6.  Masing-masing penulis akan mendapat 1 (satu) buku antologi sebagai tanda bukti terbit.
  7. Seluruh proses mulai dari pengumpulan naskah, seleksi, administrasi, dan tahapan penerbitan akan diinformasikan secara transparan lewat Grup Facebook PUISI INDONESIA MERDEKA. (https://web.facebook.com/groups/972965212756352/)
  8. Kesediaan berpartisipasi dan mengirim puisi ditunggu hingga tanggal 31 Juli 2015, akan ditutup sewaktu-waktu apabila puisi yang terkumpul sudah mencapai batas jumlah halaman penerbitan.
  9. Pertanyaan terkait dapat ditanyakan ke email: pindomerdeka@gmail.com atau grup facebook: PUISI INDONESIA MERDEKA
  10. Peserta yang berpartisipasi diwajibkan menyebarluaskan info penerbitan antologi ini minimal ke 20 teman di facebook ataupun di website dan blog pribadi.
Reward:
- Terbaik I : Uang Tunai Rp. 700.000,- + Kaos Suara Merdeka 70 + 1 Buku Terbit Suara Merdeka 70 + Piagam Penghargaan
- Terbaik II : Uang Tunai Rp. 500.000,- + Kaos Suara Merdeka 70 + 1 Buku Terbit Suara Merdeka 70 + Piagam Penghargaan
- Terbaik III : Uang Tunai Rp. 300.000,- + Kaos Suara Merdeka 70 + 1 Buku Terbit Suara Merdeka 70 + Piagam Penghargaan


NB: Seluruh peserta yang lolos mendapatkan e - Piagam Penghargaan dan 1 buku terbit yang akan dikiriim ke alamat masing-masing. Apabila ingin mendapatkan buku dengan jumlah lebih, maka penulis mendapatkan rabat sebesar 10 % dari harga buku.

Puisi Indonesia Merdeka,
Suara Merdeka 70
Share on Google Plus

About Fileski Channel