.

.

Event Menulis "TULISAN PERTAMA" (DL : 25 April 2015)

Hai para penulis yang super rajin. Sudah berapa event yang kalian ikuti? Wah pasti banyak ya. Tapi masih ingat nggak naskah yang pertama kali kalian buat? Langsung lolos nggak? Biasanya sih jatuh dulu alias kena tolak pjnya (pengalaman pribadi nih ye, hihi).

So, sekarang Pj Raihana pengen ngajak kalian flash back sekali lagi, mencari naskah pertama kalian. Entah naskah cerita pertama sewaktu disuruh guru Bahasa Indonesia, entah naskah cerita yang pertama kali dibuat sewaktu ikut event kepenulisan, naskah yang pertama kali dibuat setelah lama stop ikut event kepenulisan atau naskah  pertama yang  tak lolos event.

“Wow tugasnya enak banget Mbak.”

Eitss, memang enak karena kalian nggak perlu nulis lagi, cuma ngebongkar data lama. Tapi event kali ini PJ ingin mengajarkan kalian untuk menjadi editing untuk karya kalian sendiri. Maka sebelum mengirimkan, editlah naskah itu sehingga lebih menarik. Minimalisirlah kesalahan dari typo yang berserakan, biodata yang nggak ada, kalimat pembuka yang nggak nyambunglah, dan lain-lain.

Nah sudah tahu makna dari event kali ini kan. Event ini gratis kok, (bukunya ya beli sendiri hehehe). Sekarang simak ketentuan-ketentuan event berikut:

1. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia dan tidak ada batasan usia.

2. Peserta harus berteman dengan akun Raihana (https://www.facebook.com/raihana01 )

3. Membagikan info event ini dan menge-tag minimal 20 teman FB.

4. Naskah merupakan cerpen atau cermin, yang ditulis antara 2 - 8 halaman.

5. Genre bebas.

6. Naskah merupakan karya yang pertama kali dibuat penulis entah naskah cerita pertama sewaktu disuruh guru Bahasa Indonesia; naskah cerita yang pertama kali dibuat sewaktu ikut event kepenulisan; naskah yang pertama kali dibuat setelah lama stop ikut event kepenulisan; atau naskah  pertama yang  tak lolos event.

7. Naskah ditulis dalam Microsoft Word 2003/2007, kertas A4, huruf Times New Roman, ukuran 12 pt, spasi 1,5, margin normal.

8. Naskah tidak boleh mengandung SARA, saduran, palgiasi.

9. Naskah boleh yang pernah diikutkan event, tapi tidak boleh dibukukan atau masih terkait di event lain. Bagi yang pernah mengupload naskahnya di wall, blogspot atau grup, wajib tarik atau delete naskah tersebut dari media sosial.

10. Menulis biodata narasi maksimal 50 kata.

11. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

12. Satu orang hanya boleh mengirim satu naskah.

13. Format penulisan naskah :
Judul naskah
Nama penulis
Isi naskah
Biodata narasi

14. Simpan naskah dengan format : TP - JUDUL NASKAH - NAMA PENULIS – NAMA FB.

13. Naskah dapat dikirim mulai tanggal 12 April hingga 25 April 2015 pukul 23.59 WIB.

14. Naskah dikirim dalam bentuk lampiran ke alamat email raihanatun@gmail.com dengan Subject email : TP - JUDUL NASKAH - NAMA PENULIS – NAMA FB.


16. Jumlah kontributor terpilih menyesuaikan, dan akan dibukukan secara indie.


REWARD :

Juara 1 : mendapat 1 buku terbit.

Juara 2 : mendapat 1 buku Antologi cermin “Jendela Inspirasi”.

Semua kontributor akan mendapatkan e-sertifikat dan potongan harga 10% jika ingin membeli buku terbit.

So, buat para penulis, cari tulisan pertama kalian, editing, patuhi syarat, dan kirim naskah kalian. Apabila ada pertanyaan bisa di komentar atau inbox.

Selamat berkarya dan go go semangat :-)


PJ event,
RAIHANA
Share on Google Plus

About Fileski Channel