.

.

RESITAL BIOLA PUISI FILESKI DALAM DRAMATURGI X SASTRA INDONESIA UNAIR







Dramaturgi X Sastra Indonesia UNAIR Sukses Suguhkan Pementasan Teater di Gedung Cakdurasim Surabaya

Surabaya malam ini menjadi malam yang spesial bagi keluarga besar Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga. Pasalnya, para mahasiswanya sukses memberikan pertunjukan istimewanya bertajuk Dramaturgi X (sepuluh dalam angka romawi), yang merupakan acara tahunan dalam rangka merampungkan studi matakuliah Dramaturgi.
Pertunjukan teater yang bertempat di Gedung Cakdurasim, Taman Budaya Jawa Timur, Surabaya, Kamis (08/01/2015) malam tumpah ruah dihadiri para penikmat dan penggeliat seni teater dan sastra yang datang dari dalam dan luar kota, para penonton berjubel duduk di lantai karena jumlahnya melebihi kuota tempat duduk yang disediakan. Pertunjukan yang dimulai pukul 19.00 WIB malam ini, praktis memakan waktu kurang lebih tiga jam tanpa terasa dengan diliputi ketegangan dan keceriaan penonton.
Dramaturgi yang berumur satu dekade pada tahun ini menampilkan pementasan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu menampilkan dua pementasan teater. Dua pementasan itu merupakan naskah Dag-Dig-Dug karya Putu Wijaya yang disutradarai oleh Rendra Saputra, serta naskah RT 0 RW 0 karya Iwan Simatupang yang disutradarai oleh Himawan Aridiaz. Di bawah naungan Bapak Puji Karyanto, M.Hum selaku dosen pengampu, mahasiswa penempuh matakuliah ini diasah untuk mampu terjun secara langsung dalam proses kreatif kinerja produksi pementasan. Visi dari dramaturgi x adalah merangkul banyak kalangan mulai dari yang telah mengenal kesusastraan—para seniman dan pecinta kebudayaan, sampai pada kalangan remaja yang notabene tergerus oleh globalisasi sehingga krisis identitas dalam berkebudayaan.
Tidak hanya menampilkan dua pementasan saja sebagai bentuk pemeriahan satu dekade usia dramaturgi, tetapi juga mengundang bintang tamu dari luar civitas akademik Universitas Airlangga. Fileski seorang penyair musisi diundang dalam rangka turut memeriahkan acara ini dengan sajian resital biola puisi.  
Ketika ditemui seusai pementasan, Fileski sempat menceritakan keterlibatannya dalam acara Dramaturgi X. "Saya sangat antusias ketika diminta oleh pihak panitia acara ini untuk turut menyemarakkan Dramaturgi X di sela-sela dua pertunjukan teater dengan sajian recital biola puisi, tampil recital biola puisi di hadapan mahasiswa jurusan sastra memang bukan pertama kalinya buat saya, namun dengan kehadiran penonton yang sangat padat, ini menjadi momen yang langka di jagad pertunjukan teater kampus Surabaya" ujar Fileski.
"Saya berharap acara Dramaturgi ini konsisten diadakan setiap tahun dan harus berani pentas di luar lingkungan kampus, seperti malam ini saya salut pada para mahasiswa sastra Indonesia Unair berani tampil di gedung Cakdurasim, ini merupakan keberanian yang luar biasa. Sepengetahuan saya teater-teater kampus hanya berani jadi jago kandang dan enggan pentas di luar kampus, tentu sangat disayangkan. Pementasan teater yang syarat nilai moral semacam ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, sebagai tontonan yang mendidik dan penyeimbang gencarnya media televisi saat ini yang cenderung menyajikan tontonan yang kurang mendidik" tutup Fileski.


Reporter: Ayu Kartika Sandy

Share on Google Plus

About Fileski Channel