.

di negeri kertas, tidak ada koruptor. setiap orang punya ketahanan ekonomi, baik rakyat biasa dan pejabatnya, semua ikut patungan/gotongroyong membangun negeri. demokrasi berjalan natural tanpa money politic. tidak seperti negeri tetangga yang rakyatnya kelaparan hingga rela menukar suara dengan sekantong sembako. #fileski

Event menulis Cerita Mini bertema “Hampa” bersama Xpose Media

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Hai sahabat literasi di mana pun berada! Bagaimana kabar semangat menulisnya? Sudah menuliskah hari ini? Atau jangan-jangan malah sedang terkena virus yang sering mewabah kepada penulis-penulis yaitu, Writer’s Block. Apapun keadaanmu, pokoknya harus bangkit dan tetap semangat! Okey?

Baiklah, langsung saja deh. Setelah selesai melaksanakan event bertema “Suara Hati Binatang”, kini Xpose Media kembali menggelar sebuah event menulis Cerita Mini dengan tema “Hampa”.

Kata ‘hampa’ sering diartikan dengan kekosongan. Selain itu, kehampaan berkaitan juga dengan keluhan, keinginan dan tuntutan akan perhatian, agar kekosongan yang terasa dapat terisi kembali.
Kehampaan terjadi disebabkan oleh adanya “sesuatu” yang hilang dan secara alamiah orang-orang yang mengalami kehampaan akan mencari hal yang tepat untuk mengisi kehilangan tersebut.
Apabila seseorang yang merasakan kehampaan belum menemukan hal yang dapat mengisi kekosongan dan kehilangan yang dirasa, akan menyebabkan kegalauan, kebimbangan, dan keputus-asaan pada dirinya.
Bermacam contoh hampa, yaitu hampa dalam keimanan, hampa dalam pikiran, hampa dalam menghadapi pelajaran, hampa dengan perasaan (ciee,, barangkali ini bisa buat yang lagi galau :p), dan masih banyak contoh hampa yang lain, dimana setiap orang memiliki kehampaan yang berbeda-beda.
Intinya, berbagai hal yang memiliki hubungan dengan kehampaan boleh kamu jadikan sebagai landasan ide karya tulismu.

Yuk simak dulu persyaratannya :

Syarat Peserta
  1. Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia).
  2. Tidak dibatasi usia.
  3. Peserta wajib bergabung dalam grup Xpose Comunity (https://www.facebook.com/groups/xposecomunity/?fref=ts) dan menyukai fanpage Xpose Community (https://www.facebook.com/pages/XPose-Community/391151187708367?ref=ts&fref=ts).
  4. Meng-add akun Xpose (https://m.facebook.com/profile.php?id=100005184048662) dan akun PJ event (https://www.facebook.com/RahmiAfzhiWefielananda).
  5. Bagi yang punya twitter (tapi ini nggak wajib, kok) silahkan follow akun @XposeComunity (https://twitter.com/XPoseComunity)
  6. Menyebarkan info event ini dengan mengetag minimal 26 teman (termasuk Ayie Afzhi Rahmi).
  7. Setiap peserta boleh mengirimkan maksimal dua karya terbaiknya.

Syarat Naskah

  1. Naskah berupa cermin (boleh FF atau FTS) dengan tema : Hampa.
  2. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  3. Naskah disimpan dalam Ms. Word 2007 dengan ukuran kertas A4 dan margin normal. Jenis huruf Times New Roman, ukuran 12 pt, serta spasi 1,5. Panjang naskah adalah 2-3 halaman.
  4. Naskah harus asli, bukan saduran atau jiplakan, serta belum pernah dipublikasikan di media manapun (cetak maupun elektronik).
  5. Tidak mengandung unsur SARA, kkerasan dan pornografi.
  6. Dalam naskah mengandung pesan-pesan moral (ditulis diakhir naskah) agar bisa langsung diambil hikmahnya oleh pembaca.
  7. Sertakan juga biodata narasi maksimal 60 kata.
  8. Naskah dikirimkan dalam bentuk attachment (lampiran) ke alamat e-mail : AiRahmi.Xpose@gmail.com dengan format: Hampa_Judul Naskah_Nama Penulis (format ini juga dipakai dalam menyimpan naskah)
  9. Penerimaan naskah dimulai dari tanggal 26 Desember 2014 – 26 Januari 2015 pukul 23.59 WIB.
Update peserta setiap tiga hari sekali.


Reward:
  1. Naskah yang lolos akan dibukukan secara indie (ini adalah kesempatan yang baik untuk mengabadikan karyamu. Kapan lagi, karyamu dapat dibaca oleh banyak orang dan satu buku dengan karya-karya penulis terpilih lainnya?)
  2. Selain itu, kontributor akan mendapatkan e-sertifikat (bukti bahwa kamu lolos sebagai naskah terpilih dalam event ini)
  3. Kontributor mendapatkan potongan harga sebesar 10% untuk setiap pembelian buku hasil event ini.
  4. Gratis masing-masing satu buku terbit untuk dua naskah terbaik.

Catatan : Naskah dinilai berdasarkan karya, bukan berdasarkan penulis. Jadi, bisa saja dua buah karya dari penulis yang sama lolos seleksi.
Ayo mainkan imajinasi dan tuangkan ceritamu! Jangan ragu jangan bimbang. Mari majukan dunia sastra di Indonesia.

Wassalam,
PJ Event,


Rahmi Afzhi W.
https://www.facebook.com/notes/xpose-comunity/event-menulis-cerita-mini-bertema-hampa-bersama-xpose-media/1506664776265890
Share on Google Plus

About Fileski Channel