SEDEKAH BUKU

Negerikertas.com menyalurkan bantuan SEDEKAH BUKU untuk taman baca di berbagai pelosok daerah yang kekurangan buku bacaan. Kirimkan buku ke alamat: Fileski 085731803357 | Jl Koperasi A08 | Banjarejo | Kec.Taman | Kota Madiun. Bisa juga berupa uang ke rek BCA 1771531313 a/n Walidha. Madiun

UNDANGAN MENULIS DI MAJALAH SULUK


UNDANGAN MENULIS DI MAJALAH SULUK

Kawan-kawan penulis yang terhormat

Salam

Majalah sastra SULUK edisi ke-6 dan ke-7 akan segera terbit. Majalah ini adalah majalah tiga bulanan yang diterbitkan Dewan Kesenian Provinsi Jawa Timur dan berwatak semi jurnal. Selain menerima tulisan-tulisan karya kreatif sebagaimana lazimnya majalah sastra lain, SULUK juga menerima esai yang menampilkan gagasan, pemikiran, dan kajian yang mendalam dan subtil terkait dengan masalah sastra sebagaimana khittah sebuah jurnal, tetapi dikemas dengan bahasa populer. Panjang tulisan minimal 9 halaman, A4, spasi 1,5.

Untuk edisi ke-6, tema yang diangkat adalah ‘Menimbang Naskah Drama’. Oleh karena itu, SULUK mengundang kepada para penulis untuk mengirimkan esai yang mengkaji pernaskahan dan gagasan tentang pernaskahan dalam jagat sastra, baik itu posisi dan porsi naskah dalam teater tradisi Indonesia, dalam khasanah drama modern Indonesia maupun dunia. Dipilihnya tema ini karena perbincangan tentang naskah drama masih demikian minim, langka, dan terbatas.

Untuk edisi ke-7, tema yang diangkat adalah ‘Possastra’. Possastra adalah discourse terbuka terkait dengan pertemuan antara sastra dengan bidang seni atau pemikiran lainnya, baik itu teater, film, seni rupa, seni pertunjukan, musik, seni-seni arkaik maupun filsafat. Discourse ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru tetapi perlu dijelenterehkan kembali sebagai pembacaan terhadap dunia mutakhir yang dipenuhi dengan sensibilitas multimedia. Dengan tema ini, akan terbuka kemungkinan-kemungkinan lain dari sastra yang dalam kurun tertentu seakan dikotak dalam ruang spesialisasi dan kalis dari hiruk pikuk dunia di luar keberaksaraan, padahal sejak zaman baheula pertemuan antarmedia dan antarbidang itu selalu terjadi, bahkan saling berjalin kelindan.

Sementara itu, untuk karya-karya kreatif, baik itu puisi maupun prosa, lebih disukai karya-karya eksperimental, yang tidak mungkin dimuat di media umum. Tidak dimuatnya dapat karena temanya yang melangit, proporsi tulisannya yang terlalu panjang, tawaran-tawaran estetikanya terlalu baru, berani, dan kelewat jauh melampaui zamannya, atau karena gagasannya yang berbau ‘subversif’ atau ‘nakal’ dalam arti kreatif terhadap sejarah dan pemikiran sastra. Dengan suka hati, SULUK akan menampung karya-karya yang demikian. Panjang tulisan untuk puisi tidak dibatasi, tetapi untuk prosa minimal 9 halaman, kertas A4, spasi 1,5.

Selain itu, SULUK juga menerima karya terjemahan, baik itu berupa karya sastra maupun pemikiran tentang sastra. Dalam hal ini tidak dibatasi genre-nya, dapat berupa puisi, cerpen, esai, atau naskah drama hasil karya para penulis dunia. Adapun pemikiran sastranya dapat berupa kajian, teori, atau refleksi ide. Lebih disukai yang berwatak avant garde atau penting pada zamannya tetapi belum pernah hadir di haribaan pembaca Indonesia. Panjang tulisan untuk karya terjemahan tidak dibatasi.

SULUK juga menerima naskah drama dan resensi buku sastra. Panjang tulisan minimal 5 halaman, A4, spasi 1,5. Resensi buku yang disukai adalah timbangan buku yang tidak hanya menampilkan sisi baik dari buku tersebut, tetapi kritik terhadapnya. Alangkah indahnya jika disertai dengan perbandingan dengan buku lainnya yang relevan dengan buku yang sedang ditelisik tersebut.

Tulisan yang dimuat akan mendapatkan honorarium dan bukti pemuatan. Untuk edisi ke-6 dan ke-7, tulisan harus sudah sampai di email redaksi misterhuri@gmail.com paling lambat hari Minggu Wage, 21 Desember 2014.

Demikianlah. Semoga woro-woro ini mendapatkan sambutan sebagaimana semestinya.

Salam

Redaksi SULUK


Share on Google Plus

About Fileski Channel