SEDEKAH BUKU

Negerikertas.com menyalurkan bantuan SEDEKAH BUKU untuk taman baca di berbagai pelosok daerah yang kekurangan buku bacaan. Kirimkan buku ke alamat: Fileski 085731803357 | Jl Koperasi A08 | Banjarejo | Kec.Taman | Kota Madiun. Bisa juga berupa uang ke rek BCA 1771531313 a/n Walidha. Madiun

Kegelisahan dan Kecintaan: Mencipta Ruang-ruang Kebudayaan

Entah kenapa aku memilih menulis dan sastra menjadi sesuatu yang terus kugeluti. Terkadang aku menemukan jawaban atas pertanyaan itu, namun pada akhirnya perenungan itu kembali lagi, akhirnya muncul pertanyaan baru "apa benar itu alasannya aku menulis?" Ya, begitulah seterusnya. Setiap kali aku menemukan jawaban atas pertanyaan itu, aku kembali mempertanyakannya. 


Yah, aku merasa pertanyaan itu benar-benar sulit sekali untuk dijawab. Dan di luar keresahan itu, sembari mencari jawabannya, aku terus menulis dan melakukan kegiatan-kegiatan untuk menyalakan semangat sastra, baik itu di Mojokerto atau di luar Mojokerto. 


Pada titik itu, kegelisahanku senada dengan kawan seperjuangan, Dadang Ari Murtono. Kami lalu mengadakan pertemuan kecil, hanya ditemani kopi dan sebungkus rokok. Tetapi, pikiran kami melayang ke mana-mana, sampai akhirnya lahirlah gagasan untuk menciptakan ruang diskusi sastra yang dilakukan secara intens di Mojokerto. Tentu, apakah itu menjadi berarti atau tidak, banyak yang mencemoooh atau mendukung, terserah. Setidaknya, kami menggagas ini untuk menciptakan ruang diskusi sastra di kota kecil Mojokerto, yang kerap kali alpa dari bincang sastra Indonesia. Walau di kota kecil ini, juga ada orang-orang (yang tidak bisa dianggap remeh dalam kesusastraan Indonesia) seperti Hardjono WS, Max Arifin, Ismaniasita. Ah.


Tentu acara yang kami gagas itu tidak terlalu muluk dengan berharap agar Mojokerto akan diperhitungkan dalam bincang sastra koran atau diskusi-diskusi. Kami hanya melakukan sebuah langkah kecil untuk tetap menjaga nyala sastra di tempat kelahiran kami atas dasar cinta yang tulus terhadap kesusastraan. Sampai akhirnya, lahirlah forum itu dan diberi nama Terminal Sastra (TS). Acara ini tentu tidak hanya dari cetusan ide dari kami, tetapi juga kebesaran hati dari pihak Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Mojokerto, yang menyokong pendanaan acara tersebut. Acara ini, kali pertama di gelar pada bulan Mei 2014, tepatnya hari Minggu tanggal 18 Mei, yang sekaligus sebagai hari kelahiran TS. 


Dan kami sungguh tidak menyangka, di akhir tahun ini. Acara tersebut sudah tergelar sebanyak 7 kali. Pada mulanya, acara tersebut hanya diskusi karya, tiap orang bisa mengirimkan karyanya (puisi 10 atau 3 cerpen, yang disertai biodata dan esai proses kreatif). Kemudian kami membukukan secara stensilan untuk dibedah pada saat acara berlangsung. Dan catatan ini, sebagai sebuah bentuk pertanggunjawaban dari kami, sekaligus pemberitahuan bagi rekan atau sesiapa yang belum tahu acara ini. Saat ini, TS sedang menyusun buku untuk diterbitkan. Di mana isinya adalah karya-karya yang pernah didiskusikan dalam TS. Berkenaan dengan itu, TS pada bulan ini tidak dilangsungkan. Dan pada awal bulan, Januari, akan digelar kembali. 


Berkenaan dengan itu, kami saat ini sedang menyusun list acara TS mulai dari Januari-Desember 2015. Bagi sesiapa yang punya karya, silakan dikirimkan ke kami melalui email terminalkata2@gmail.com. Karya bisa berupa puisi atau cerpen. Bisa juga berupa karya yang sudah terbit (tidak harus puisi dan cerpen).


Pada tahap ini, kami banyak menerima pertanyaan tentang acara tersebut. Bagaiamana acaranya, untuk siapa, dan teknisnya bagaimana. Semua masukan itu kami tampung, dan pada tahun ini, kami berusaha menerima semua jenis permintaan (dari lini seni di luar sastra). Kami berusaha untuk mengemas menjadi satu acara. Namun, di sini kami masih sangat memiliki keterbatasan, sehingga kami hanya bisa memberikan ruang apresiasi. 


Berkaitan dengan itu, akhirnya pada tahun depan, 2015, TS akan hadir dengan warna berbeda, yakni peluncuran buku TS yang nanti akan kami (Saya dan Dadang) akan bedah. Namun tidak hanya itu, dalam rangkaian TS di bulan Januari depan, selain sastra juga akan ada berbagai macam seni ditampilkan di sini, seperti teater, tari, dan musik. Kelompok-kelompok yang mengisi dan sudah konfirmasi yakni Teater Institut, Unesa; Teater Sabda, UIN Surabaya, dan permainan tunggal dari pemain kawakan Mojokerto T-Mex, pertunjukan tari anak (nama masih belum dikirimkan, namun sudah konfirmasi siap mengisi acara) dan Kelompok Akustik Sampan Tanpa Lautan - STL. 


Tentu, bagi rekan-rekan yang ingin mengisi acara TS. Saya tunggu, saat ini saya masih menyusun list untuk acara di tahun 2015, Januari-Desember. Apakah Anda punya kegelisahan atau kecintaan yang sama? Jika ya, saya tunggu. Mari berjuang bersama. 


Salam 
Akhmad Fatoni


Konfirmasi atau komunikasi:
Telp/sms: 081939103138 (WA)
PIN 21E4C90A
Email: terminalkata2@gmail.com
Share on Google Plus

About Fileski Channel