.

di negeri kertas, tidak ada koruptor. setiap orang punya ketahanan ekonomi, baik rakyat biasa dan pejabatnya, semua ikut patungan/gotongroyong membangun negeri. demokrasi berjalan natural tanpa money politic. tidak seperti negeri tetangga yang rakyatnya kelaparan hingga rela menukar suara dengan sekantong sembako. #fileski

BERPETUALANG ke BROMO BERSAMA FILESKI

BERPETUALANG ke BROMO BERSAMA FILESKI

Untuk kawan-kawan yang ingin berpetualang ke Bromo menikmatai panorama yang sangat indah bagai surga yang tiada duanya,  kalian bisa dapatkan paket wisata yang sangat murah. Aku akan jelaskan langkah-langkahnya, simak dengan teliti agar nggak nyasar di jalan heheehe.

Untuk biaya perjalanan yang sangat murah, kawan bisa gunakan jasa transportasi kereta api. Apabila kawan berangkat dari Surabaya atau kota besar manapun carilah kereta api dengan tujuan stasiun Probolinggo, bisa juga menuju stasiun Malang namun rasanya lebih ribet, aku sarankan ke stasiun Probolinggo saja sebab lebih dekat dengan titik lokasi tujuan kita.

Sesampainya di stasiun Probolinggo carilah angkutan umum menuju Bromo, orang lokal sana biasa menyebutnya (elf/mpu) menuju tempat yang bernama Sukapura. Atau jika tidak ingin ribet karena naik angkutan umum, kawan bisa sewa mobil untuk antarkan ke Sukapura dari stasiun Probolinggo yang akan mengantarkan kawan dari stasiun ke Sukapura dan kembali dipulangkan ke stasiun lagi usai dari Bromo. Kemudian sesampainya di Sukapura kawan mesti sewa jeep disana, karena hanya transportasi jeep yang mampu menakhlukkan lereng gunung Bromo yang terjal dan berliku.

Jika dirasa mengunakan trasnportasi kereta api terlalu ribet maka ada alternative lain, yaitu menggunakan jasa rental mobil sebagai transportasi yang mengantarkan kawan menuju Sukapura, opsi ini lebih tidak ribet karena kawan tidak perlu menunggu kereta di stasiun dan berdesakan beli tiket kereta api.

Jika kawan ingin nginap di Bromo bisa nginap di rumah temanku untuk menghemat biaya, dengan penjamuan sederhana khas penduduk asli orang bromo,  namun jika kawan punya banyak uang kita bisa sewa hotel atau villa di Bromo.  

Sekarang aku jelaskan bahwa surga Bromo akan lebih indah dinikmati pada jam-jam tertentu, terutama yang paling indah adalah menimkati matahari terbit di puncak Bromo. Caranya jika kawan dari Surabaya menggunakan kendaraan mobil maka berangkat dari Surabaya jam 10 malam (22.00 wib) dan harus sampai di Sukapura jam 01.00 pagi, dari Sukapura ganti transportasi jeep. Jika kawan datang ke Bromo saat weekend lebih baik sampai di Sukapura lebih awal, sebab saat weekend jalan menuju ke Bromo sangat ramai dan macet.

Sesampainya di sukapura kita ganti kendaraan jeep untuk menuju puncak bromo, idealnya 1 jeep itu untuk 5 orang (1 driver + 4 penumpang). Ticket masuk wisata Bromo @ Rp 37.500/org. Jika 5 orang tersebut adalah 3 wisatawan + 1 sopir + 1 pemandu wisata, maka kawan hanya perlu bayar 3 orang saja dengan biaya Rp 37.500 x 3 orang.

Para wisatawan bromo biasa menyebut islilah poin 1 dan poin 2, bedanya poin 1 dan poin 2 adalah soal ketinggian lokasi, logikanya semakin tinggi maka pemandangan yang kita nikmati akan lebih bagus. Point 1 di ketinggian 2.776Mdpl, sedangkan point 2 diketinggian 1.980Mdpl.

Silahkan kawan pilih paket perjalanan sesuai keinginan, jika kawan ambil yang point 1, berangkat dri Surabaya minimal harus jam 22.30 malam agar sampai di Sukapura sekitar jam 01.30 pagi. Sebab tepat jam 02.00 pagi kita sudah start dari Sukapura, takutnya tidak dapat parkir di atas, terutama saat weekend parkir di atas selalu penuh, jadi lebih awal berangkat lebih bagus. Kalau ambil yang poin 2, berangkat dari surabaya bisa jam 00.00 - 01.00 (maksimal).

Dalam situasi cuaca musim hujan seperti sekarang ini, biasanya kita liat dulu hari sebelum kedatangan kita, Kalau 1 hari sebelumnya tidak hujan berarti besoknya kita bisa pilih point 1, begitu sebaliknya.
Durasi perjalanan yang ditempuh dari Sukapura lebih kurang 1 jam 40 menit (durasi normal), bisanya kalau weekend perjalanan bisa sampai 2 jam lebih baru sampai puncak karena macet banyaknya motor. Untuk penjelajahan kita ini tidak ada durasi, alias sepuasnya. Kalau sudah puas baru kita kembali ke tempat transit di Sukapura.   

Sampai bertemu di bromo, salam cinta dan perdamaian.
Ttd Fileski

Pin bb 51900835
Whatsapp 08888710313
Sms 085731803357
Facebook: fileski fileski







Share on Google Plus

About Fileski Channel