SEDEKAH BUKU

Negerikertas.com menyalurkan bantuan SEDEKAH BUKU untuk taman baca di berbagai pelosok daerah yang kekurangan buku bacaan. Kirimkan buku ke alamat: Fileski 085731803357 | Jl Koperasi A08 | Banjarejo | Kec.Taman | Kota Madiun. Bisa juga berupa uang ke rek BCA 1771531313 a/n Walidha. Madiun

Lamaran Terbuka Untuk Seniman - Router Art Project


Lamaran Terbuka

Router Art Project

Rumah Seni Cemeti membuka kesempatan pada seniman lintas disiplin untuk melamar seleksi:

Router Art Project

Dinamika seni rupa kontemporer Indonesia yang diyakini sebagai bagian dari praktek kebudayaan, telah menggulirkan upaya-upaya untuk mencari dan membangun posisi dan relasi antara proses artistik dan proses sosial, melalui berbagai macam perluasan arena eksperimentasi artistik dengan membentuk jaringan-jaringan penghubung ke medan sosial budaya yang lainnya. Namun, proses perluasan arena tersebut tidak bisa dimaknai sekedar sebagai kejadian perluasan ladang pencarian sumber-sumber gagasan, melainkan terjadinya rekonstruksi medan (baik di dalam medan sosial kesenian itu sendiri maupun medan sosial yang lebih luas), dari relasi-relasi arena-arena lokal menuju ke arena global. Di arena baru itulah, seniman harus mengalami interaksi, distribusi, dan transaksi material dan ideologi dengan hal-hal di luar area otonomnya. Seniman sebagai subjek pun dihadapkan pada realita majemuk nan kompleks. Bidang telaah yang begitu luas, menjanjikan kesejahteraan bagi proses pembangunan gagasan dan produktifitas kekaryaan bagi seniman. Berdasarkan pada pembacaan tersebut Rumah Seni Cemeti menggagas Router Art Project.

Router Art Project adalah perangkat kerja yang beroperasi di jaringan artistik, yang memfasilitasi penjelajahan batas-batas antar berbagai disiplin seni (seni rupa, seni pertunjukan, film, musik, video, dsb) dan lebih jauh lagi merambah ke medan gagasan yang lebih luas. Terjadinya sinergi dan atau tegangan yang terjadi di dalam level gagasan, diyakini akan membawa perspektif dan temuan-temuan baru yang akan mempengaruhi praktek kerja artistik para seniman partisipan.

Router Art Project akan melibatkan 5 (lima) seniman dari berbagai macam disiplin seni, yang diseleksi oleh Rumah Seni Cemeti. Proyek seni ini akan dilaksanakan melalui tiga tahap, (1) Kelima seniman partisipan didampingi oleh Rumah Seni Cemeti akan dipertemukan di level gagasan dalam bentuk interaksi organik, dimana berbagai macam platform dialog interaksi dan cara-cara penggalian gagasan akan dibangun sesuai dengan kebutuhan tiap-tiap seniman , (2) Setelah melakukan pertukaran dan penjelajahan, para seniman partisipan didorong dan difasilitasi untuk menyusun dan mewujudkan gagasan-gagasannya ke dalam praktek kerja penciptaan, baik secara individu maupun kolaboratif, (3) Seniman partisipan didorong untuk menemukan format presentasi dalam berbagai macam bentuk yang kreatif dan inovatif (open studio, pameran, pertunjukan, diskusi, performance, dsb).

Agenda Router Art Project

5 - 15 Desember 2014: Dialog dan interaksi organik antar seniman partisipan, dengan Rumah Seni Cemeti dan narasumber yang lain.

15 - 22 Desember 2014: Pengolahan gagasan dan penciptaan karya untuk persiapan presentasi/open studio.

23 Desember 2014: Pembukaan presentasi/open studio Router Art Project

23 Desember 2014 - 15 Januari 2015: Presentasi/open studio Router Art Project

13 Januari 2015: Diskusi dan evaluasi

Kriteria Seniman

1. Seniman dari berbagai disiplin seni (seni rupa, seni pertunjukan, film, musik, performance, dsb). Bagi seniman dari luar Yogyakarta yang tertarik untuk mengikuti Router Art Project, ketika terpilih dalam seleksi, biaya transportasi dan biaya hidup selama di Yogyakarta harus ditanggung secara mandiri oleh seniman.

2. Aktif berkarya & mengikuti perkembangan kesenian baik di wilayah maupun Indonesia secara umum.

3. Memiliki keterbukaan dalam berproses (open minded), memiliki kemauan untuk belajar dan berinteraksi dengan hal-hal di luar kebiasaan penciptaan karya dan zona kenyamanan pribadi, mampu bekerja secara individu maupun secara kelompok.

4. Bersedia/berkomitmen untuk mengikuti dan menjalankan keseluruhan proses Router Art Project secara intensif.

Aplikasi

1.Portfolio (dokumentasi berupa foto atau video karya beserta dengan konsep) yang menunjukkan perkembangan karya selama 2 tahun terakhir.

2.Curriculum vitae.

3.Pernyataan pendek berisi alasan/motivasi mengapa perlu mengikuti Router Art Project.

Kirimkan aplikasi dan dokumen lain yang dianggap perlu ke Rumah Seni Cemeti dalam satu DVD, selambat-lambatnya tanggal 15 November 2014, melalui pos atau langsung ke Rumah Seni Cemeti pada jam kerja.

-----------------------------------------------------------------
Cemeti Art House / Rumah Seni Cemeti
Jl. D.I. Panjaitan 41, Yogyakarta 55143
Open: 09.00 - 17.00, Closed on Sunday & Monday
Telp/Fax. +62 (0) 274 371015
M. +62 (0) 812 273 3564
Website: cemetiarthouse.com
25years.cemetiarthouse.com
Email: cemeti@cemetiarthouse.or.id
Share on Google Plus

About Fileski Channel