.

.

KONSER JAZZ PUISI [FILESKI & COSMOPOEM ENSEMBLE]



KONSER JAZZ PUISI DI BULAN BAHASA 2014
Dalam rangkan Bulan Bahasa, Fileski (penyair - musisi) dan Cosmopoem Ensemble akan tampil menyuguhkan konsep “Jazz Puisi”. Serangkaian jadwal show telah menanti mereka, yang kebanyakan diselenggarakan di sekolah-sekolah. Fileski & Cosmopoem Ensemble akan membawakan komposisi jazz karya original mereka yang disinergikan dengan karya puisi. Khusus untuk penampilan tour performen selama bulan bahasa 2014, komposisi musik jazz yang diilhami dari puisi para maestro sastra Indonesia seperti Chairil Anwar dan WS Rendra, dan juga beberapa dari puisi karya Fileski sendiri. Komposisi musik yang dikemas dengan lebih menonjolkan sisi etnik nusantara dan tentunya tetap mengedepankan penyampaian pesan puisi tanpa merusak esensi puisi.

"Dalam komposisi musikal dari puisi “Aku” karya Chairil Anwar, sudah kami siapkan dengan musik yang kami kemas ulang menjadi nge-jazz. Sesuai namanya Cosmopoem Ensemble, di sini nuansa etnik yang dihasilkan dari (cosmo) semesta bunyi berbalut (poem) syair puisi," terang Fileski, yang diamini personel Cosmopoem Ensemble lainnya, saat berbincang-bincang dengan media, di alon-alon, Kota Madiun, Kamis (9/10/14).

Bukan kebetulan Cosmopoem Ensemble mengubah musiknya dengan sejumlah sentuhan jazz etnik yang kental dipadukan dengan syair puisi. Ini karena masukan dari banyak sahabat dan semangat dari personel Cosmopoem Ensemble untuk terus memperbaiki kualitas musiknya dan membaca peluang bahwa puisi sangat bisa dieksplor menjadi pertunjukan spektakuler, juga bertujuan mengangkat kembali apresiasi masyarakat terhadap karya puisi yang belakangan ini kurang diminati, mungkin konsep ini bisa menjadi sajian yang segar dan bisa menginspirasi para penikmat jazz dan penikmat sastra puisi.

"Saat Fileski keliling menjadi pemateri workshop musikalisasi puisi dari sekolah ke sekolah, banyak yang memberikan masukan. Mereka bilang kalau musikalisasi puisi adalah genre pertunjukan yang sangat potensial untuk dikembangkan apalagi dengan balutan musik jazz, pertunjukan musik jazz ini menjadi lebih bermakna disajikan dengan kalimat puisi yang syarat akan pesan moral" sambung Fileski.

Tampil secara jazz di ajang Bulan Bahasa tahun ini akan menjadi pengalaman luar biasa bagi Cosmopoem Ensemble. Bahkan mereka harus mengganti beberapa personelnya, agar tampil lebih maksimal saat menyuguhkan jazz puisi nantinya.

"Pergantian formasi ini semua di luar dugaan, ada seleksi yang begitu ketat. Nah, dari peraturan yang ketat ini, membuat kami memilih personel yang baru dan lebih bagus lagi. Saya melihat di formasi ini banyak pengalaman bermusik yang baru," tutur Bagus Yan salah satu personil Cosmopoem di posisi bassist.

"Tampil di Bulan Bahasa tahun ini bagi saya sebuah pembelajaran eksistensi bermusik. Kami akan terus berbuat yang lebih baik lagi. Bagi saya pribadi, saya sangat senang Cosmopoem Ensemble bisa tampil Menyemarakkan Bulan Bahasa tahun ini," timpal Bagus Yan.

Reporter: Ayu Kartika Sandy

Share on Google Plus

About Fileski Channel