.

.

PENYAIR INDONESIA GO INTERNASIONAL




Walidha Tanjung Files, Penyair Surabaya Yang Mendunia

KECINTAAN PUISI DIAWALI DARI MEMBACA KARYA AYAHNYA

Siapa yang belum kenal sosok Fileski? Pemuda yang memiliki nama asli walidha tanjung Files tersebut punya segudang talenta. Tidak hanya pawai menulis puisi, dia juga mahir memainkan biola. Bakatnya di dunia seni semakin diakui kala dia menjadi vocalis sebuah band yang bernama Paperland.

Meski lahir di Madiun, Fileski besar di Surabaya. Penyair yang lahir pada 21 februari 1988 tersebut juga dikenal sebagai Poet Musician (Musisi Puisi). Kiprahnya di dunia sastra tak diragukan lagi. Dia sering menyemarakkan pertunjukan sastra skala nasional dengan membuat inovasi dalam sastra pertunjukan yakni menyajikan Resital Biola Puisi.

Fileski melakukan eksplorasi puisi dengan permainan biolanya. Komposisi musik yang dia bawakan bernuansa eksperimental sehingga membuat puisi yang dibawakan mempunyai daya mistis dan eksotis, puisi-puisinya pernah mewarnai beberapa surat kabar, majalah, jurnal, dan buletin.

“Pemuda yang menyelesaikan studi S-1 jurusan Teater Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya tersebut berkenalan dengan puisi saat masih kecil. kecintaan saya pada puisi terjadi karena saya sering membaca karya puisi milik ayah saya yang seorang guru bahasa dan sastra Indonesia," ungkapnya.

Saat beranjak remaja Fileski mulai berani menampilkan diri di pertunjukan sastra dan berkolaborasi dengan para seniman lintas disiplin seni. Mulai sastrawan, aktor teater, perupa instalasi, hingga koreografer tari. Hal tersebut membuat dia merasakan pesona puisi semakin hari semakin dekat dengan puisi.

Sebagai pembuktian cintanya pada kesenian, Fileski membuat puisinya sendiri dan menggubahnya secara musikal sehingga terlahir musik puisi khas Fileski. Tangan dingainnya juga mampu membentuk kelompok musik yang bernama Paperland. Band tersebut merilis album pada 2012. Album yang bertajuk rahasia langit tersebut diilhami puisi-puisi karyanya.

Pada akhir September 2014, Fileski disibukkan jadwal kegiatannya di Singapura. Usut punya usut, kegiatannya di Singapura tersebut berkaitan dengan karya pusinya yang terpilih untuk diterbitkan dalam buku antologi puisi penyair lintas negara. Saya ke Singapura untuk Pertemuan Penyair Nusantara........

Umi Hany Akasah (Wartawan JAWA POS - Radar Surabaya)

Share on Google Plus

About Fileski Channel